Program Studi Pendidikan Biologi
Universitas Jember
Pendidikan Biologi adalah
salah satu pendidikan yang ada di FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan)
Universitas Jember. Di dalam Pendidikan Biologi terdapat 16 dosen pengajar.
Tahun 2014/2015 FKIP Pendidikan Biologi di UNEJ menerima mahasiswa
berjumlah 106 orang, dan sekarang tersisa 104 orang. Terdapat 2 orang yang
keluar dari Program Studi Pendidikan Biologi di Universitas Jember karena diterima di unesa dan di ipdn. Gedung Pendidikan Biologi terletak di gedung E
terdapat 2 lantai pada gedung tersebut, dilantai satu adalah gedung Pendidikan
Matematika sedangkan untuk lantai 2 adalah gedung Pendidikan Biologi
Pada lantai 2 terdapat
Laboratorium Biologi ruang 19 berhadapan dengan HMP Lumba-Lumba, kekanannya
terdapat ruang rapat Dosen, lalu kekanan lagi terdapat ruang Dosen Pendidikan
Biologi Universitas Jember yang berhadapan dengan ruang ketua Progran Studi
Pendidikan Biologi yaitu Bapak Dr. Suratno,M.Si lalu kekanannya lagi terdapat
ruang Laboratorium Botani yang disekat menjadi 2, yang sebelah kiri untuk
Praktikum dan sebelah kanan untuk Pembelajaran dan berhadapan dengan tempat
penyimpanan bahan dan alat Praktikum yang steril juga kamar mandi. Sedangkan
untuk tempat beribadah dan kantin Pendidikan Biologi terdapat di belakang ruang
ketua Program Studi.
Dalam Pendidikan Biologi
terdapat HMP Pendidikan Biologi (Lumba-Lumba) itu adalah sebuah Himpunan yang
didirikan untuk menjadikan mahasiswa handal dalam berorganisasi dalam kegiatan.
Personalia
Kaprodi
Prof. Dr. Suratno, M.Si
Kepala Laboratorium:
- Laboratorium Biologi: : Sulifah Apriliyani SPd, MPd.
- Laboratorium Sumber Belajar Biologi: : Drs. Wachju Subchan, MS., PhD.
- Sub Laboratorium Zoologi: : Drs. Joko Waluyo, M.Si.
- Sub Laboratorium Botani : Dra. Pujiastuti, M.Si.
Sejarah Prodi Pendidikan Biologi
Program studi (Prodi) Pendidikan
Biologi berdiri berdasarkan SK pendirian PS No.44 t DIKTI/ Kept 1984 tertanggal 18 Juli 1984 merupakan
lembaga pendidikan yang mempersiapkan dan mencetak colon guru biologi
profesional dan berkualitas, menguasai bidang biologi dan kependidikan,
terampil di bidang teknologi informasi (TI) serta mampu bersaing di pasar
bebas.
Tahun 1984 hingga tahun 1997
penyelenggaraan kuliah dan praktikum Prodi Pendidikan Biologi diselenggarakan di gedung I FKIP di jalan Kalimantan III Jember
dengan daya tampung rata-rata 50 mahasiswa per angkatan. Mulai tahun 1998
penyelenggaraan kuliah dipindahkan ke gedung biologi, gedung III FKIP UNEJ.
Proses rekruitmen mahasiswa
prodi Pendidikan Biologi dilakukan melalui jalur seleksi masuk perguruan tinggi dan jalur seleksi bakat dan minat. Sejak tahun 2006 proses
rekruitmen disamping kedua jalur tersebut juga disediakan jenis jalur seleksi
Iokal bagi program non reguler.
Hingga tahun 2008, prodi
Pendidikan Biologi telah meluluskan sejumlah 870 alumni yang tersebar di
seluruh Indonesia, dengan mayoritas profesi utama sebagai pendidik berbagai
jenjang pendidikan baik tingkat dasar, menengah, atas dan perguruan tinggi.
Berbagai jenis program hibah
kompetisi Dikti yang diraih Prodi Pendidikan Biologi yaitu Semi-Que tahun 2003-2005,
Hibah Kemitraan 2005, 2006, dan 2007 serta program SP-4 (Jurusan PMIPA). Hibah kompetisi
tersebut telah meningkatkan kualitas akademik secara signifikan di Iingkungan Prodi
Pendidikan Biologi. Peningkatan kualitas prodi meliputi pembenahan kurikulum, fasilitas pembelajaran berbasis TI, kemampuan dosen dalam
mengembangan perencanaan dan media pembelajaran, peningkatan ketersediaan referensi yang dimiliki prodi, pengembangan pembelajaran
biologi bilingual (bahasa Inggris - Indonesia), microteaching biologi berbahasa
Inggris, praktek mengajar biologi berbahasa Inggris di Sekolah Bertaraf
Intemasional (SBI), peningkatan penelitian bidang kependidikan biologi,
tersedianya jumal yang dikelola prodi (BIOEDUKASI) yang diperuntukkan bagi
semua kalangan guru, dosen atau para peneliti sebagai sarana komunikasi ilmiah
di bidang biologi dan kependidikannya. Disamping itu prodi pendidikan biologi juga
aktif kerjasama dan memberikan layanan kepada stakeholder khususnya sekolah
dalam penelitian kependidikan dan pengembangan model-model pembelajaran biologi
bilingual di Sekolah Bertaraf Intemasional (SBI).
Visi, Misi dan Tujuan Prodi
Visi
Mewujudkan masyarakat berkualitas
berwawasan lingkungan mampu mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni
serta iman dan taqwa dengan menguasai bidang biologi bercitrakan kependidikan.
Misi
Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang profesional serta penelitian
pengabdian masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan
Membina, meningkatkan dan mengembangkan system
menejemen teknologi pembelajaran yang berorientasi pada kualitas dan
profesionalisme
Membina dan mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain di dalam dan di
luar negeri
Tujuan
Mencetak sarjana pendidikan
biologi yang profesional dalam proses pembelajaran, berbudi pekerti luhur dan
mampu memecahkan masalah secara kritis serta rasional seiring dengan
perkembangan IPTEKS
Sasaran
1. Menguasai teori dan ketrampilan
ilmu pendidikan biologi
2. Menguasai unjuk kerja dalam
bidang keguruan bagi colon guru biologi
3. Memiliki sikap, nilai, kebiasaan
dan kecenderungan terhadap kepribadian yang menunjang pelaksanaan tugas sebagai
tenaga pendidik bidang biologi
Spesifikasi Kompetensi Lulusan Program Studi Pend. Biologi
Kompetensi Utama
Mempunyai pengetahuan dan
ketrampilan bidang biologi sehingga dapat mengikuti dan memahami perkembangan
biologi baik secara keilmuan maupun aplikasinya dalam bentuk teknologi selanjutnya diadaptasikan dalam
bentuk pendidikan dan pembelajaran di sekolah jenjang SMP, SMA dan yang
sederajad.
Kompetensi Pendukung
Terampil dalam merancang.
mengelola, melaksanakan dan mengevaluasi program pembelajaran biologi berbasis
teknologi informasi
Berwawasan dan bersikap
profesional sesuai bidang tugasnya serta mempunyai kepedulian tinggi terhadap
masalah pendidikan biologi
Berwawasan dan berpengetahuan
luas bidang biologi dan pembelajarannya yang mernungkinkan dapat melakukan
komunikasi ilmiah dan bersikap ilmiah dalam mengembangkan ilmu biologi dan
pembelajarannya
Kompetensi lain
Mampu menyelenggarakan penelitian
dan menganalisis hasil penelitian bidang biologi dan bidang pembelajaran
biologi
KONDISI SUMBERDAYA DAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PRODI PEND. BIOLOGI
Sarana dan Prasarana
Program Studii Pendidikan Biologi
menyediakan ruang kuliah yang nyaman, laboratorium Biologi, Sublab Zoologi,
Sublab Botani, Laboratorium Sumber Belajar Biologi, Perpustakaan, Laboratorium
Lapangan, Kebun Percobaan, arena diskusi mahasiswa, Internet, green house dan musholla.
Kuliah dilengkapi fasilitas
laboratorium biologi, dengan sub laboratorium botani dan sub laboratorium
zoologi dengan tingkat frekwensi pemakaian yang sangat padat karena tidak hanya
melayani kegiatan praktikum seluruh matakuliah, tetapi juga berbagai kegiatan
penelitian mahasiswa, dosen dan Iayanan dari pihak Iuar prodi Pendidikan Biologi baik
dari internal UNEJ maupun dari luar UNEJ.
Prasarana tersebut didukung
dengan sarana pembelajaran multimedia dan E-learning serta jaringan Internet yang
dapat diakses
sewaktu-waktu. Laboratorium Sumber Belajar Biologi (LSBB) juga menyediakan CD
pembelajaran mutakhir yang menunjang perkuliahan dan koleksi buku-buku text
berbahasa Inggris keluaran terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa
secara cuma-cuma. Pembelajaran di kelas sebagian besar sudah menggunakan LCD.
Kualifikasi Staf Pengajar
Tenaga pengajar di program studii
pendidikan Biologi memiliki kualifikasi cukup baik dengan dosen berkualifikasi
Doktor dari Universitas dalam dan Iuar negeri (25,0%), magister (37,5%), dan
sarjana (37,5%)
Kualifikasi dosen terus
menunjukkan perkembangan yang sangat positip yang ditandai sebagian dosen
sedang melanjutan studii, yaitu sebanyak 2 orang sedang menempuh program
doktor, 2 orang sedang menempuh program magister. Prodi pendidikan biologi
mendorong setiap dosen untuk meningkatkan kualifikasi pendidikannya hingga
jenjang tertinggi sehingga diharapkan memberikan kontribusi yang signifikan
terhadap kualitas akademik internal.
Dosen pendidikan biologi memiliki
produktivitas penelitian yang cukup baik, yang ditunjukkan oleh aktifnya dosen
dalam penelitian biologi dan kependidikan baik dalam penelitian kompetitif,
penelitian kerjasama dengan pemerintah daerah dan intansi terkait maupun
penelifian mandiri. Penelitian dosen kompetitif yang telah dilakukan dosen
prodi pendidikan biologi meliputi penelitian dasar (litdas), Riset dan Teknologi (Ristek),
penelitian kependidikan baik classroom action research (CAR) maupun research for improving instructional (RII) yang digulirkan oleh dirjen dikti. Beberapa Staf
prodi pendidikan biologi juga aktif terlibat dalam penelitian pengembangan kependidikan di beberapa
kabupaten, baik Jember, Situbondo, Banyuwangi dan Pasuruan.
Pembelajaran Bilingual dan
Hasilnya
Pelaksanaan pembelajaran dengan
menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi dan menggunakan pembelajaran bilingual pada sebagian besar matakuliah. Pembelajaran bilingual dilaksanakan secara proporsi gradual, yaitu
pada semester awal diberikan dengan porsi yang sedikit (hingga 25%) dengan tujuan agar mahasiswa dapat menyesuaikan diri. Secara
berangsur pada semester berikutnya proporsi pembelajaran berbahasa Inggris
ditingkatkan. Dosen diberikan kewenangan untuk mengembangkan pembelajaran
bilingual.
Pembelajaran bilingual di prodi
pendidikan biologi telah menghasilkan produk yang menggembirakan, yaitu tahun 2007 sudah menghasilkan 20 colon guru (40%)
yang mampu mengajar dengan duo bahasa (Inggris dan Indonesia) yang
diproyeksikan mengisi kebutuhan guru baru di Sekolah Bertaraf Internasional.
Beasiswa
Terbuka kesempatan bagi mahasiswa
untuk mendapatkan beasiswa dari institusi negeri maupun swasta dari dalam dan
luar negeri diantaranya PPA, BPM, Supersemar, BTP (Bantuan Tabun Pertama), BSM (Bantuan Studii
Mahasiswa), PT Djarum, Marubeni, Lovin, Beasiswa Jepang, BI, dan lain-lain.
Lulusan
Lulusan program studii Pendidikan
Biologi mendapatkan ijazah Sarjana Pendidikan (SPd) dan sekargus sertifikat
mengajar akta IV, bagi lulusan akan terbuka lebar kesempatan untuk :
- Berprofesi sebagai tenaga pengajar di Depdiknas sebagai guru SMP/SMA/SMK maupun DEPAG guru MTs/ MA.
- Konsultan pendidikan IPA dan profesi sejenis lainnya.
- Staf pada beberapa departemen yang relevan (deptan, Departemen Kelautan dan Perikanan, BKSDA, dan departemen lainnya), ataupun instansi swasta.
- Berkesempatan melanjutkan ke jenjang S2 bidang kependidikan maupun non kependidikan Universitas dalam negeri maupun luar negeri.
Dokumentasi kegiatan Studi Lapangan di Kebun Raya Purwodadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar